>Tungku Ubin Solusi Hemat Energi

>

Seorang pemilik rumah berhasil mengatasi tingginya tagihan gas dengan mengikuti tips dari Abad Pertengahan.
Perusahaan listrik menghabiskan dana jutaan untuk teknologi terbaru demi penghematan energi, sementara Peter Breuer berhasil memotong tagihan gas-nya dari 20 Pound menjadi 5 Pound perbulan menggunakan desain tungku dari abad 14.
Tungku ubin Hongaria ini sangat efektif untuk menghangatkan rumah Mr Breuer, sehingga kakek berusia 80 tahun ini dapat mematikan pemanas sentral miliknya, demikian lansir The Daily Mail.
Hanya dibutuhkan satu bundel kecil kayu yang seringkali didapat gratis dari pedagang lokal, untuk membuat nyaman rumahnya sepanjang hari.
“Saya tinggal di rumah yang cukup besar dan ini salah satu alasan mengapa saya menggunakan tungku tersebut,” tutur Mr Breuer, pensiunan pengacara yang mengurusi hal-hal bea cukai dan pajak.
“Pada kebanyakan tungku, Anda akan dihangatkan ketika tungku tersebut masih menyala, tapi tungku saya ini sangat spesial karena selain berfungsi seperti tungku biasa juga dapat menjadi penyimpanan panas karena terdapat banyak tembikar di dalamnya yang memanas dan menyebarkan panasnya melalui ubin.”
Mr Breuer memiliki pemanas air elektrik, jadi ia hanya menggunakan gas untuk memasak.
Untuk pemasangan tungku Hongaria ini, ia harus merogoh kocek tak kurang dari 3,000 Poundsterling, kira-kira sama seperti memasang pemanas sentral.
Advertisements

Leave a comment

Filed under Tungku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s