>MODIFIKASI TUNGKU BRIKET BATU BARA JENIS STASIONER SKALA RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMBAKARAN DAN EFISIENSI

>

ABSTRAK
MODIFIKASI TUNGKU BRIKET BATU BARA
JENIS STASIONER SKALA RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMBAKARAN DAN EFISIENSI
Oleh
Loko Purnomo
Indonesia memiliki berbagai jenis sumber energi didapat dalam jumlah yang besar, dari sumber energi tidak terbarukan yang terbesar di Indonesia adalah gambut dan batu bara. Menghadapi harga BBM khususnya minyak tanah yang masih tinggi dan berfluktuasi antara satu daerah dengan daerah yang lainnya serta terkadang terjadi kelangkaan di sejumlah daerah di Indonesia maka perlu adanya energi alternatif. Salah satu energi alternatif yang potensial untuk mengganti peran minyak tanah adalah briket batu bara. Penggunaan briket batu bara harus dibarengi dengan pemakaian kompor atau tungku dengan jenis dan ukuran tungku harus disesuaikan dengan kebutuhan. Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Hayuning (2008) telah menggunakan tungku briket batu bara jenis stasioner skala rumah tangga dengan hasil efisiensi yang masih rendah yaitu sebesar 5,6% dan 4,8% maka dilakukan modifikasi dengan pendekatan desain tungku supaya dapat meningkatkan kinerja pembakaran dan efisiensi tungku briket batu bara. Tujuan penelitian ini adalah memodifikasi tungku briket batu bara jenis stasioner skala rumah tangga hasil penelitian Hayuning (2008) untuk meningkatkan kinerja pembakaran dan efisiensi.
Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan bulan September 2008 bertempat di Laboratorium Rekayasa Pasca Panen dan Mesin Pertanian Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Tahap penelitian dilaksanakan dengan perancangan dan pemodifikasian tungku briket batu-bara jenis stasioner dan dilanjutkan dengan pengujian. Pengujian menggunakan perlakuan massa briket non karbonisasi 1,5 kg, 2 kg dan 2,5 kg dan perendaman 30% dari massa briket yang digunakan ke dalam minyak tanah serta perlakuan plat pemasakan secara langsung dan tidak langsung.
Penelitian menghasilkan rancangan modifikasi tungku briket batu bara jenis stasioner skala rumah tangga yang efektif dan efisien. Tungku ini berbentuk balok dengan ukuran panjang 120 cm, lebar 73 cm dan memiliki tinggi yang berbeda yaitu 52 cm dan 70 cm yang terbuat dari campuran semen, pasir dan batu bata yang dirangkai dengan rangka plat besi. Tungku ini terdiri dari beberapa bagian seperti lubang pemasakan 1 dan lubang pemasakan 2; bahan plat besi dengan diameter landasan pemasakan 18 cm, cerobong asap; bahan pipa besi dengan ukuran diameter 3 inch panjang 114 cm, anglo khusus; bahan tanah liat dengan ukuran diameter 28 cm dan tinggi 20 cm, dudukan anglo khusus 2 buah; bahan kayu papan dengan ukuran 9 × 23 cm dan 15 × 23 cm, pintu utama; bahan kayu papan dan aluminium dengan ukuran 35 × 40 cm dan pintu sirkulasi; bahan kayu triplek dan aluminium berukuran 29 × 35 cm. Dari tahap pengujian dapat disimpulkan bahwa (1). Rancangan tungku briket batu bara hasil modifikasi mampu meningkatkan kinerja pembakaran dengan suhu maksimum yang dicapai pada plat pemasakan 1 dan plat pemasakan 2 dengan massa briket 2 kg yaitu masing-masing sebesar 340oC dan 146oC (sebelumnya 182oC dan 88oC). (2). Suhu plat pemasakan 1 dengan kisaran suhu di atas 180oC pada massa briket 1,5 kg, 2 kg dan 2,5 kg masing-masing berlangsung selama 2,16 jam, 3,25 jam dan 4,33 jam. Sedangkan suhu plat pemasakan 2 dengan kisaran suhu di atas 160oC hanya dicapai pada massa briket 2,5 kg selama 0,5 jam. (3). Efisiensi tungku briket batu bara jenis stasioner yang telah dimodifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan tungku sebelumnya (rancangan Hayuning, 2008) yaitu sebesar 12,04% atau meningkat 2,5 kali lipatnya pada massa briket non karbonisasi 2 kg. (4). Peningkatan efisiensi masih bisa ditingkatkan dengan menggunakan metode plat pemasakan secara langsung dengan hasil efisiensinya sebesar 17,20% dan dengan menggunakan briket batu bara jenis karbonisasi dengan hasil efisiensinya sebesar 24,66%.
Advertisements

Leave a comment

Filed under Tungku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s