>Tips Feng shui untuk arah dan lokasi tungku kompor

>Tips Feng shui untuk arah dan lokasi tungku kompor

Pertama-tama, dengan trend kitchen set pada masa sekarang ini, dengan mengacu pada gaya western yang sering ditampilkan di majalah dan televisi, maka banyak ditemukan kompor yang ditempatkan pada posisi island, dengan kelebihan fungsi bahwa kompor dapat diakses dari berbagai arah dan tampak mewah terlebih bila space ruang dapur yang dimiliki cukup luas. Namun posisi kompor pada island yang berarti kompor terletak pada posisi micro tengah ruang dapur ini bukanlah posisi yang baik, karena setiap kompor memerlukan sandaran yang solid berupa dinding kokoh di belakangnya. Jadi, hindarkanlah posisi kompor yang ditempatkan ‘mengambang’ pada island di dapur.

Dengan keleluasaan mengatur denah dan posisi jendela saat perencanaan pembangunan rumah, kompor pun seringkali ditempatkan tepat pada area dinding yang memiliki jendela besar yang dapat dibuka tutup dengan alasan ventilasi sehingga asap mudah mengalir keluar dan juga untuk mendapatkan view/pemandangan yang baik, padahal hampir sama alasannya dengan  paragraph di atas, kompor yang terletak pada dinding yang terbuka berarti tidak memiliki support yang kokoh, dan bahkan dengan mudah tertiup angin sehingga api beresiko mati, yang berarti bukanlah pilihan yang tepat untuk menempatkan kompor.

Posisi kompor yang terletak pada sebuah dapur pun perlu diperhatikan, dimana dapur yang diposisikan pada ‘jantung’ atau tepat di tengah sebuah rumah sangatlah tidak baik, dapur yang dengan mudah terlihat pada saat seseorang memasuki rumah pun tergolong tidak baik, karena dapur dan kompor ini baiknya ditempatkan pada posisi yang tidak mudah terlihat alias tersembunyi dari pintu utama.

Hal selanjutnya yaitu kompor yang berseberangan ataupun bersebelahan dengan sink atau bak cuci piring, hal ini tentunya telah sering Anda dengar ataupun baca, dimana unsur kompor yang merupakan api, akan padam bila berseberangan ataupun bersebelahan langsung dengan bak cuci piring yang berunsur air, tipsnya bila tidak posisi ini tidak dapat dihindarkan adalah dengan menempatkan fitur pemisah yang terbuat dari kayu, sehingga tercipta daur dukungan berupa air menumbuhkan kayu, dan kayu memberi bahan bakar bagi api, dengan demikian kompor dan bak cuci tidak saling memadamkan lagi melainkan saling menumbuhkan dengan adanya kayu tersebut.

Bagaimana mengenai arah ‘mulut’ kompor? adapun arah kompor dikatakan akan menguntungkan apabila mengarah pada arah keberuntungan pemilik rumah, namun apa yang dimaksud dengan arah mulut kompor ini? Pada awalnya arah mulut kompor adalah arah dimana terdapat lubang untuk memasukkan kayu bakar, dimana seseorang yang memasak juga meniupkan udara guna membantu pembakaran, dan api juga terkadang keluar dari lubang tersebut. Namun seiring perkembangan jaman, maka pada kompor gas api hanya mengarah ke atas dengan distribusi yang rata melingkar, sehingga sebenarnya tidak ada arah dominan dari api tersebut, terlebih tidak ada lubang untuk memasukkan kayu bakar seperti pada jaman dahulu kala, maka dari itu banyak berkembang teori mengenai arah kompor modern, namun ada baiknya bila kita mengikuti teori awal, bahwa arah mulut kompor adalah arah sebalik dari arah seseorang yang sedang memasak pada kompor tersebut.

Sebagai tambahan atas posisi kompor pada denah dapur, akan sangat baik bila seseorang yang memasak pada sebuah kompor tidak membelakangi pintu masuk dapur, karena akan lebih baik bila sang juru masak dapat ‘menguasai’ dapur tersebut dengan dapat melihat keseluruhan area dapur termasuk pintu masuk dan orang yang masuk ke dapur tersebut. Untuk posisi kompor yang membuat orang yang bekerja disana membelakangi pintu masuk, dapat disiasati dengan menempatkan cermin sehingga juru masak dapat melihat sekiranya ada orang yang memasuki dapur tersebut melalui pantulan cermin.

Bagaimana mengenai penempatan kompor dan sektor dapur yang optimal pada sebuah rumah? untuk hal ini sangatlah perlu dianalisis dengan mendetail unsur diri dari seseorang agar dapat diketahui arah dan sektor keberuntungannya terlebih dahulu, selanjutnya perlu diketahui energi tanah pada sebuah rumah dengan menganalisis arah rumah dan tahun pembangunannya. Pemilihan sektor yang tepat dengan pemilik rumah dan energi tanah pada sebuah lahan akan membantu melejitkan berbagai faktor keberuntungan dan kesuksesan penghuninya secara signifikan dalam tempo yang instant, dan sebaliknya penempatan kompor/dapur di sektor dan arah yang tidak benar akan dapat sangat merugikan baik secara materiil maupun kesehatan penghuninya. Konsultasikan dengan kami untuk keperluan ini agar dapat diperoleh hasil yang baik sehubungan dengan penempatan kompor dan dapur rumah Anda. salam sejahtera dan sukses selalu untuk Anda sekalian.

Tags: feng shui, kitchen, stove, fire, element, astrology, interior design, architecture, floor plan, luck, astrology, building, consultation

Advertisements

Leave a comment

Filed under Filsafat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: