>Tungku berbahan bakar sampah produksi Pura Barutama

>Tungku berbahan bakar sampah produksi Pura BarutamaSampah selama ini memang menjadi masalah. Hingga saat ini cara konvensional masih tetap digunakan untuk mengatasinya, bukan memecahkan masalahnya. Sampah, termasuk didalamnya biomassa dan sampah rumah tangga, dikumpulkan dan dibuang ke sebuah tempat yang jauh dari pemukiman penduduk. Sampah organik dibiarkan hancur, sementara sampah non organik seperti plastik tetap dalam bentuknya semula.

Kini ada cara membakar semua sampah dengan incinerator, tetapi besarnya CO2 yang dilepaskan ke atmosfir juga semakin memperparah pemanasan global. Sementara membangun pembangkit listrik dengan bahan baku sampah juga masih belum bisa diterima masyarakat di sekitarnya.

Meski demikian, berbagai metode untuk mengubah sampah menjadi energi tetap dikembangkan banyak pihak. Salah satunya adalah tungkuyang dikembangkan oleh PT. Pura Barutama dengan menggunakan bahan baku sampah biomassa seperti sekam padi, serbuk gergajian, serpihan kayu, tempurung kelapa, rumput dan daun kering. Tidak hanya bahan-bahan tersebut yang digunakan menjadi bahan bakarnya, sampah plastik rumah tangga dengan grade rendah seperti pembungkus mie instan dan pembungkus bumbu masak juga bisa digunakan sebagai campurannya.

Tungku tersebut bisa dioperasikan selama 1 jam dengan bahan bakar sebanyak  1 kilogram. Tidak ada asap yang mengepul dari kompor tersebut dan tidak ada asap beracun yang masuk ke dalam paru-paru, meski belum diketahui juga berapa besarnya CO2 yang dibuang selama kompor tersebut dioperasikan. Abu sisa pembakarannya juga bisa dikumpulkan dan digunakan sebagai kompos.

Jika kita sudah bisa mengolah limbah sampah sendiri, maka setidaknya kita juga sudah berperan dalam mengurangi pencemaran dan pemanasan global. Ingin berperan serta? Anda bisa berkunjung ke Kudus atau bisa juga menghubungi Divisi Engineering PT. Pura Barutama di alamat Jl. Raya Kudus- Pati Km.12, Kudus, Jateng- 59382, No.Tlp/Fax: 0291- 431606/ 433755 atau kunjungi websitenya dihttp://engineering.puragroup.com. — Deeana Putri —

Advertisements

Leave a comment

Filed under Peralatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s