>Tungku Pembakaran Gamping Ambrol, Dua Pekerja Tewas

>

Dua pekerja tewas setelah tempat pembakaran batu gamping di Desa Gayam Kecamatan Bogorejo Blora, ambrol, Senin (1/3) dinihari sekitar pukul 01.30. Batu gamping yang masih panas itu menimbun tubuh Jumadi (55) dan Warsiman (50), keduanya warga Desa Jinantan dan Desa Gonting Kecamatan Sale Rembang. Satu pekerja lainya yakni Sukani (50) warga  Desa Jinantan selamat namun mengalami luka bakar cukup serius.
Hingga kini polisi masih melakukan penyelidikan peristiwa tersebut. Kapolres Blora AKBP Isnaeni Ujiarto melalui Kasatreskrim AKP Pri Haryadi mengemukakan dari hasil penyelidikan sementara, pihaknya menyimpulkan peristiwa itu kecelakaan murni. “Kami masih akan menyelidikinya lebih lanjut,” ujarnya Senin (1/3).
Informasi yang dihimpun menyebutkan beberapa pekerja mulai melakukan aktifitas pembakaran batu kapur untuk bahan gamping di tungku pembakaran milik Ramuji (35) sejak pukul 18.00, Minggu (28/2).
Setelah beberapa lama batu kapur yang dibakar itu siap diambil. Sembilan pekerja berada bagian atas tungku atau cerobong yang mempunyai tinggi sekitar lima meter, untuk membongkar batu gamping. Sedangkan enam pekerja berada di bawah tungku. “Sebelum musibah terjadi, para pekerja sudah berhasil membongkar batu gamping sebanyak dua rit (colt),” tandas Yatimin (40) rekan seprofesi para pekerja.
Namun tanpa diduga dan diketahui penyebabnya, tiba-tiba tungku pembakaran ambrol. Padahal di dalam tungku tersebut tersimpan batu gamping yang masih panas. Longsoran bantu gamping menimpa pekerja yang berada di bawah. Tiga orang pekerja berhasil menyelamatkan diri begitu melihat tungku pembakaran ambrol. Namun tiga pekerja lainnya kalah cepat dengan longsoran batu gamping. Mereka pun tertimpa batu kapur yang masih panas tersebut.
Sukani, pekerja yang mengalami luka bakar cukup serius, dilarikan ke rumah sakit DR R Soetijono Blora untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Sementara jenazah kedua korban diangkat dari bawah reruntuhan batu gamping oleh warga setelah fajar menyingsing.
Advertisements

Leave a comment

Filed under Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s