>Gugur dalam Tugas, Mbah Maridjan Bisa Naik Pangkat

>

TEMPO InteraktifYogyakarta – Juru Kunci Gunung Merapi Mbah Maridjan dianggap gugur dalam tugas ketika erupsi Gunung Merapi yang membuatnya meninggal Rabu dini hari. Karena itu Mbah Maridjan bisa memperoleh kenaikan pangkat dari Keraton Yogyakarta.

“Kenaikan pangkat itu bisa diberikan setingkat lebih tinggi atau beberapa tingkat di atasnya,” kata Manggala Yudha Keraton Yogyakarta yang juga adik Sri Sultan Hamengku Buwono X, GBPH Yudhaningrat, ketika dihubungi, Rabu, (27/10).

Menurut Yudhaningrat, pangkat yang disandang Mbah Maridjan saat ini masuk kategori kliwon atau semacam perwira pertama di lingkungan TNI dan Polri. Jika mendapat kenaikan pangkat, maka pangkat Mbah Maridjan berganti menjadi Mas Wedono.

Mengenai penggantian Mbah Maridjan sebagai juru kunci Gunung Merapi, Yudhaningrat mengatakan merupakan kewenangan Sultan sebagai Raja Jawa, yang memiliki otoritas mengangkat juru kunci Gunung Merapi.

Pemberian juru kunci Gunung Merapi ini biasanya diprioritaskan untuk anak keturunan Mbah Maridjan. “Anaknya akan ditanya apakah bersedia menggantikan. Kalau tidak mau baru diberikan kepada orang lain,” kata Yudhaningrat.

Sultan sendiri menyatakan belum akan terburu-buru mencari pengganti Mbah Maridjan. “Menunggu kondisi sudah baik, jadi tidak terburu-buru,” kata Sultan. Penggantian juru kunci menurut Sultan akan melalui proses.

BERNADA RURIT
Advertisements

Leave a comment

Filed under Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s